Daily Driving : Skill berbanding terbalik dengan "Teratur"

NOTE : Pertama kali, gw minta maaf dulu kalau tulisan gw ini agak menyinggung, gw ga bermaksud utk menjelek2an suatu pihak. I really didn't mean to mock anyone..


Kita mulai topik ini dengan perbandingan nyetirnya orang2 di Jakarta dan Singapore. Pasti kita tau dong, di benak orang2 saat ini adalah dimana Jakarta itu ga teratur, nyalip sembarangan, nyebrang sembarangan, terus kalo di Singapore tuch semua teratur...


JANGAN SALAH BRO! :D


Pada ga tau kan klo di Singapore itu tingkat kecelakaannya lebih tinggi? Knp? Karna mereka biasa dgn nyetir teratur. Mereka itu ga biasa dgn "tantangan2" yg tiap hari kita hadapi di Jkt. Meskipun beberapa dari kita SIM nya nembak, gw berani jamin dech. Kita org2 Jakarta nyetirnya jauh lebih jago drpd org2 Singapore yg bikin SIM dgn cara legal dan  nilainya paling tinggi sekalipun.


Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya dijual kamera kecil (seperti GoPro) yg digunakan (biasanya) oleh para sopir taksi (dan beberapa mobil pribadi) yang gunanya untuk merekam kejadian bila terjadi kecelakaan (Macem CCTV utk mobil gitu). Kenapa coba mereka perlu gitu klo nggak untuk "mencegah" disalahin klo kecelakaan? Bagus sich, kebiasaan udh prepare, tapi kebiasaan ini menunjukan klo mereka itu mikirnya cendrung negatif (belom apa2 udh mikir kecelakaan). Gw ga bilang ini jelek ya. Ini bagus loh btw..


Coba bandingin dech, kita yg di Jakarta. Skill kita orang2 Jakarta tuch udah terlatih dengan yg namanya "surprise attack" seperti disalip tiba2 sama bus dan angkot, orang yg nyebrang sembarangan, dan lain2. Kejadian diatas itu secara ga sadar melatih refleks kita utk menghindari "surprise attack" tsb.


Mau bukti? Bisa diliat di video di bawah ini. Beberapa org yg ngeliat video ini bilang, "Ya ampun, gitu aja kok bisa nabrak...? Kan dia bisa belok, kan dia bs ngerem, kan dia bisa berenti sebentar." dan lain2.





Untuk beberapa kejadian memang tidak bisa dihindari, tp ga sedikit juga kejadian yg bisa kita bilang "kok gitu aja nabrak?". Sangat disayangkan aja klo ternyata nabraknya karna suatu hal kecil yg sebenernya sangat bisa dihindari dgn solusi yg simpel.


Banggalah kita sebagai org2 Jakarta yg sering kena macet dan tantangan lainnya saat nyetir. Klo kyk di game RPG itu istilahnya : skill dan XP nyetir kita itu nambah! :D

Comments

Popular Posts