MORE THAN JUST MAKING A MOVIE



Guys, hari ini gw mau cerita sesuatu tentang suatu hal yg gw alami baru2 ini. Gw kan ambil kuliah lagi. Nah, salah satu pelajaran yg gw ambil itu adalah Storyboarding. Apa itu? Storyboard itu adalah gambar2 yg digunakan utk bikin film. Sebenernya gw ga bs jelasin panjang lebar apa itu sebenernya, klo pengen tau apa itu storyboard sebenernya, liat aja di video ini.


Nah, itu yg dikerjain sama gw skrg ini. Bedanya klo kelas gw cukup sampe storyboarding ajah, ga sampe filmnya. Hahahaha! Gw jujur belom pernah pake cara storyboarding sblm nya. Bahkan kerjaan2 film gw yg ada di youtube dan vimeo gw itu adalah hasil "storyboarding" yg ada di dlm pikiran gw. Jujur, ini agak sedikit technical bgt sich, tp cara inilah yg paling efektif utk komunikasiin apa yg ada di pikiran sang movie director ke crew nya (misal : Cameraman, Asst.Director, dll). Ini sangat membuka pikiran gw bgt, apalagi ini bener2 ilmu yg dipake utk bikin film beneran (kyk di bioskop gitu). Dari semua hal yg gw belajar, ada satu hal yg bener2 gw pelajarin dan ga ilmu ini ga diajarin di semua sekolah.

TEAM WORK. Mungkin beberapa orang akan bilang, "Ah itu mah biasa kaliii, kita jg kan klo kerja harus bs team work..". Well, jawaban gw, "NO! Ga semua kampus ngajarin ini!". Klo kata si "Rey" a.k.a Anggraini Suwito, "Kita kan kuliah biasanya diajarin gimana jadi bos, bukan jadi org yg bisa teamwork.", dari situ gw baru sadar klo emang disini gw diajarinnya utk kerjasama, bukan jadi boss (kasarnya gitu lah ya).

Jujur sich, gw jg baru ngerasain arti dari "team work" sendiri itu saat gw pertama kali kerjasama dgn Driftbash Enterprise dlm pembuatan film drifting. Not an easy task I would say. Gw inget wkt itu sempet miskom dgn crew cameraman nya mas Wiwid, blm lagi keterbatasan equipment dan waktu, tp sebenernya klo dipikir2 ini fun lho. :D

Jadi.... Tugas storyboard gw ini adalah tugas grup. Kebetulan, seluruh org di grup gw menunjuk gw sebagai movie directornya. Secara teknis gw memang yg menjadi "boss" dlm grup ini, tp bukan artinya semua org harus ikutin apa yg gw mau. Disini gw berusaha utk menjadi orang yg se-open minded mungkin. Karna setiap member punya style dan referensi masing2 dong klo buat storyboard. Bener ga?!


Dulu wkt gw bikin film Driftbash di sentul, semua crew gw bilang "A" semua pada melakukan "A", gw bilang "B" semua pada melakukan "B". Thx to Om Anton gw bisa ngerasain gimana jadi movie director beneran. Hehee. Di kelas gw semua pengen didengerin pendapatnya. Kyk misalnya angle kamera, menurut gw bagusan ambilnya dari bawah, tp temen gw yg satu bilang bagusan dari atas, satu lagi bilang dari tengah. Perbedaan kyk gini tuch sering terjadi, apalagi masing2 pada punya pendapat dan alasan yg kuat.

Banyak pendapat, banyak argumen dgn alasan kuat, udh jelas gw bingung dong mau milih yg mana. Kadang2 gw saking bingungnya jd kelamaan mikir utk ambil keputusan, tp gw disini sebagai leader harus bisa tegas ambil keputusan dan tau timing antara kapan hrs dengerin crew, dan kapan harus dengerin diri sendiri. Nah! Itu yg gw pelajari disini (something yg blm pernah kepikiran sama gw sebelomnya).

Anyway, gw udh kelamaan nulis nich. Hehee.. Hrs cabut dulu lanjutin editan rotoscoping gw.

-Back to work

Comments

Popular Posts