RINGKASAN OF MY STORY (LONGEST POST) : 2005 - 2011

Gw kemaren baru diceritain sama temen gw si Bene soal gimana temen nya dia bs mencapai impiannya sebagai arsitek, dan secara bersamaan mendengar file mp3 dari temen gw si Leroy about seminar dari salah satu MLM di jkt. Setelah gw denger cerita dari dua orang itu, gw jd kagum dgn org2yg diceritakan itu dan terinspirasi utk bikin cerita kyk gitu jg versi gw sendiri (narsis? Haha I know).


Sblm gw mulai cerita, pertama loe hrs tau klo gw udh suka buat film2 iseng dari gw SMP kls 3 dulu (2004 awal kira2). Gw bikin film nya dulu sangat2 Star Wars bgt. Gw mempunyai hobby ini sampe gw SMA kls 2.

Nah, pas kls 2 SMA ini (2005) tiba2 gw berubah hobi nya. Jadi suka mobil. Kenapa? Karna both Aji dan sepupu gw si Marco mengenalkan gw sama kartun dan game "Initial D". Ntah knapa gw langsung jatuh cinta sama balapan touge dan drift. Disinilah turning point gw, di saat yg bersamaan gw jg tiba2 mempunyai impian menjadi pembalap professional.


Gw ga pikir panjang langsung lah gw bikin kartu game Initial D pertama gw yg memulai karir gw dalam dunia motorsport ini (ga ada yg nyangka kan? Gw jg ga nyangka). Perlahan2 gw mulai mengerti soal mobil dari game Initial D arcade stage 3 ini. Gw pake AE86 Trueno karna si Takumi pake itu jg (haha).

Pengalaman paling ga enak gw dulu diketawain sama hampir seluruh temen2 angkatan gw dan jg keluarga gw karna gw tiba2 berubah dari star wars (and scifi) geek, menjadi org yg terjun di dunia otomotif (from pod racing to real cars! LOL!). Dulu gw kerjaan nya tiap weekend sama Aji itu cuma main Initial D arcade stage 3 sambil berangan2 klo gw suatu saat nanti akan jadi pembalap professional yg akan bekerja di dalam track. Sampe akhirnya gw dikenalin sama D1GP. Kenal dech gw sama Keiichi Tsuchiya dr sini jg.


Karna blm bs beli mobil, wkt kelas 3 SMA akhirnya gw beli motor (pake duit) sendiri. Gw terus belajar dan apply teknik2 drift yg gw pelajari melalui motor gw. Mulai dari sekedar rem kaki terus ngesot sampe gw bs shift lock motor gw (bisa loh!). Terus sampe2 gw jd ricer karna gw nempel stiker "Redsuns" dan "Fujiwara tofu shop" di motor gw hahahaha! Saat wkt2 inipun gw masih rajin latian nyetir di Initial D 3 lho tiap ada duit dan kesempatan. Bahkan gw dulu hampir tiap pulang sekolah suka ke citos (SMA gw dkt soalnya) utk latian nyetir di game tsb. Gila? Niat? Emang! XD

Pas masa2 udh mau daftar kuliah (2007 akhir), gw daftar kemana2 termasuk Singapore (karna wkt dulu pacar gw mau daftar kesana jg, ga mau kalah dong gw). Terus herannya dulu gw di Singapore diterima dgn gampang, sedangkan gw di Indo gw ga diterima sama sekali (binus pun ga masuk gw!). Dulu gw kecewa bgt karna jaman gw SMA dulu Singapore tuch blm ada hal2 yg menonjol dari motorsport nya. Jadi dgn pemikiran gw yg dangkal, gw dulu mikirnya kyk "Singapore = No drift = Cannot progress, but Indonesia = Can drift = Great progress". Gw sich mikir nya dulu "udh jalannya kali ya" sambil mikir klo gw makin jauh dr impian gw sebagai drifter. (pemikiran yg salah)


Sampe suatu saat ada tanding drift pertama kali di Jkt yaitu "Goodyear night drift" dulu tgl 1 Dec 2007. Disini nich gw mulai perlahan2 membuktikan klo gw punya keinginan kuat jd drifter. Gw pertama tanding tuch nervous bgt! Haha gw inget bgt sampe dag-dig-dug tau pertama kali turun! Tp gw bersyukur bgt wkt itu karna gw akhir nya bs turun dgn mobil beneran as a REAL DRIFTER bukan sekedar main game! (back then gw super bodoh bgt drift nya, ga bs drift malahan)

Utk beberapa lama gw menyesal karna gw kuliah di Singapore instead of Malaysia (drifting di malay kan lebih maju dari sblm gw kuliah jg). Gw bahkan jg nyari2 di internet soal drifting di Singapore dan hasilnya kurang memuaskan. Makanya dulu tuch gw setiap pulang ke Indo seneng bgt soalnya bs drift terus. Di Singapore gw jg sering ngalamin sakit hati karna (misalnya) temen2 gw di Jkt have fun dgn drifting disana-sini dan ikut tanding sana-sini. Gw kan nyesek di Singapore pengen ikut, mobil udh siap, tp ga bs! (ToT')



Taun 2008 (kan ya?) itu pertama kali gw (akhirnya) bs ntn event drift professional di singapore yg dinamakan Formula D. Wkt itu Rhenadi blm ikut, gw jg kesana masih sekedar ntn dan ketemu driver2nya pas di paddock (kyk jumpa fans gitu huekekek). Disini gw have fun bgt karna gw ketemu Ryuji Miki dan FD3S nya dia yg terkenal di D1GP! Dgn gw ntn FD di Singapore, gw yakin klo jalan gw makin dibuka utk gw dlm dunia drift, pdhl ini masih blm bs meyakinkan gw klo drift di Singapore itu prospeknya tinggi.


Tingkat ke 3 (2009) drifting di PIM mulai menjadi fever tersendiri sampe ASAF aja kalah rame. Di saat ini gw jg mulai nich iseng2 mulai bikin video lg kyk gw SMA dulu (karna liat video pim nya dimas rajasa jg di youtube). Mulai dr ngiseng2 asal rekam aja sampe gw atur angle2nya. Gw ga nyangka, ternyata respon org2 terhadap video gw itu sepositif itu. Gw jujur seneng bgt and thanks bgt kepada org2 yg merespon video gw itu. Dari situ, gw mulai mengembangkan video gw dan bikin target baru ke arah yg lebih complex, yaitu gw mau video gw sama persis seperti Will Roegge! Terlalu tinggi kah target gw? Gw ttp yakin kok gw bs! (bukan maxud show off ato gimana ya ^^ cuma sharing aja hehee)


Melalui video, gw mulai dech bikin beberapa portfolio. Meski gitu dari portfolio2 ini gw sempet merasa kyk "kok org2 suka video gw tp blm ada yg mau minta gw utk bikinin video ya?" jadi intinya gw merasa video gw cuma sekedar iseng2 aja dan blm ada org yg mau pake jasa video gw. Pas lg masa2 galau ini gw jg lg ada masalah finansial dan ngutang pulsa sama Singtel sampe S$700! Kebayang ga loe gw down nya ky gimana saat itu? Di saat seperti ini jg gw tiba2 kepikiran utk nabung biar gw bs beli FR sendiri (karna gw tau kluarga gw ga support gw dlm motorsport ini jd gw hrs usaha sendiri). Pdhl gw masih ada utang yg segitu gede nya lho! Gw ttp yakin klo gw bs beli one day!

Perjalanan nabung gw jg ga halus, ada dimana gw udh terkumpul duitnya, terus tiba2 abis demi bayar utang dan material utk kuliah. Terus terkumpul lg, turun lagi, naik lagi. Blm lagi ditambah dgn naik nya harga2 mobil FR di Jkt wkt itu dari belasan juta menjadi 20an juta. Still, gw ttp yakin dgn apa yg gw jalanin sampe akhirnya alhamdulillah utang gw lunas dan bs melanjutkan nabung gw dengan tenang.

Akhirnya di Singapore mau ada Formula D lagi (2010), dan kali ini ada Rhenadi sama Amandio ikutan. Ntah knp, tiba2 facebook nya Jason Tan (drifter Singapore) udh ada di friendlist gw. Tiba2 gw muncul ide iseng tuch, gw ajak aja dia utk bikin film bareng. Eh ga nyangka lho, pas gw kasi liat video2 gw di youtube dia suka bgt. Tanpa pikir panjang dia langsung ngajak gw shooting pas latiannya lho. Loe tau gs sich seberapa senengnya gw?! Oh iya, ada yg blm gw kasi tau, jadwal shooting latian drift itu adalah H-1 gw ujian akhir lulus2an kampus gw lho! (nekat ye gw?!) iya karna gw yakin bgt ini momen paling penting dlm perjalanan gw menjadi drifter.


Pas gw sampe di lokasi shooting latian drift di Singapore, gw speechless. Gw ga bisa ngomong apa2 lho, gw dieeem aja. Gimana sich rasanya loe udh ngimpiin dr dulu berangan2 terjun ke dunia drifting (dan dulu bs nya berangan2 aja) dan saat itu jg gw dikelilingi oleh mobil2 200sx, cefiro,yg disponsorin sama Falken, GT Radial, dll! Gimana sich rasanya!? Dan itu bukan di Indonesia lho! Melainkan di negara yg terkenal bgt akan reputasi tingginya. Saat itu gw langsung "ok rino, this is it! This is your moment!" ntah knp gw jd ga khawatir lho soal ujian gw, ga tau knp. Gw langsung semangat bgt shooting para drifternya. Nah, disini gw kenalan sama Marcus (org terpenting dalam Formula D Asia) dan Ivan Lim (Driftking nya Singapore).


Wkt abis shooting gw jujur aja capek bgt, tp rasa seneng akan achievement gw hr itu membuat gw ttp semangat utk ngejain tugas UAS final gw utk sidang pas besoknya. Alhamdulillah gw bs melewati itu dan lulus! :D



Baru dech pas H-1 Formula D dimulai, driver2 pd mulai tuch latian. Saat ini jg gw nyerahin videonya si Jason. Ternyata dia pleased bgt dgn hasilnya dan hari itu jg gw langsung direkomen ke Winston Ang (teammate nya Jason). Sejak itu lah gw jadi unofficial media partnernya tim DRIFTMASTERS.


Hari H Formula D. Ga ada perasaan seneng dan puas melainkan bs bikin video event drifting internasional yg punya reputasi paling tinggi se-Asia Tenggara. Setelah event selesai ngedit2pun dimulai. Film Formula Drift Singapore inilah karya yg bs gw pegang copyright secara keseluruhannya, karna dari lagunya jg gw yg buat.

Setelah gw selesai urusan di Singapore akhirnya gw bs ke jkt dgn duit hasil tabungan gw. Karna gw udh merasa cukup, gw mulai dech hunting mobil. Cari cefiro ato cressida sana-sini semuanya mahal dan blm tau kondisinya bagus bgt apa nggak. Sampe akhirnya gw sadar klo si Odang menjual si Ocet wkt itu! Tuch mobil muluuush bin sehat dech! Ga pake pikir panjang langsung gw bayar tuch mobil. Knp langsung? Karna itu mobil temen gw sendiri dan sblm gw belipun dia udh ngasih tau kelebihan dan kekurangan mobil itu dong. Mahal dikit tp worth it lah.


Pertama kali tuch gw akhir nya bs beli mobil pake duit tabungan gw sendiri! (nabung dari hasil kerja sama duit ortu lah. Hehee) Seneeeng bgt gw bs beli si ocet. Akhirnya gw bs seperti yg di Initial D! Hahahahaha!


Long story short, gw akhirnya skrg dihired sama Mbak Puspita Kie yg menjadikan gw seorang movie director utk film2 Driftbash (thanks mbak). Gw alhamdulillah skrg bs mengerjakan sesuatu di dlm track (just like I dreamed about wkt SMA dulu) dan bukan sekedar kerjaan, tp bikin film drifting (which is something I love!). Alhamdulillah pas kmrn berlangsungnya acara Driftbash pas awal Maret di Sentul, gw ketemu Tengku Djan (drifter Malaysia yg sangat legendaris se-Asia Tenggara). Gw sempet ngobrol2 sama dia dan sempet nunjukin film2 gw ke dia. Hehee, lumayan lah cari muka di dpn seorang legend biar sedikit lebih diinget gitu hehe (and he did recognize me dari acara drift di Singapore!). Alhamdulillah banget karna org2 seperti Tengku Djan (Driftking Malaysia) dan Ivan Lim (Driftking Singapore) udh mengenali gw dan film gw (lumayan lah film gw udh dikenal di Indonesia, Singapore, and Malaysia. hehee). Klo gw balik lagi liat ke jaman gw SMA, ternyata gw beruntung bgt punya pacar yg bs mendorong gw kuliah di Singapore (dan yg diterima cuma di situ aja jg lagi). Gw beruntung jg bs ngerasain struggle di negara singa itu yg mendidik gw utk jadi seperti skrg ini.

So, kita hrs terus ngeliat ke depan. Gw meski udh bs cerita kyk gini ttp kok masih harus banyak belajar. So, see you out there guys! Thanks udh mau baca ini ya by the way ;D

Comments

  1. gileee bener deh kata lo rin. keisengan itu bisa menghasilkan sesuatu positive meskipun mungkin ada negativenya ahahaha. salut dechh d^-^b

    ReplyDelete
  2. NIce Blog, hahahlike the story..
    but what make me wonder is You're hair when you take a photo with Ryuji miki hahahaha Long and alay hahaha

    -Andra-

    ReplyDelete
  3. Hahah story hidup brother emang keren... salut,ane baca diatas kaya orang lihat film.. hehe
    Video ngepot yuk itu... awal mula ane bilang... ini keren amat video... sampe tanya subscribe tanya kamera dan segala macem.. hehehe,yakin kalo nanti bro rmith bakalan bikin film tema DRIFT di indonesia,yang sampe saat ini masih ane tunggu tunggu (catatan si boy 2011 udah mewakili,sayang belom murni cerita balap)

    dan perjuangan buat beli OCET... ane akuin abang emang jempol... sampe sampe makan roti mentega doang,buat ngepres pengeluaran... Salut. pokoknya Two Thumbs UP :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts